Minggu, 10 Februari 2013

Hanbok, Pakaian Tradisional Korea



Buka – buka file pelajaran di laptop nemuin gambar ini

 

Yap, itu hanbok. Pakaian tradisional korea. Yuk, kita lihat gimana penjelasannya....


 Hanbok  sebutan  untuk masyarakat Korea Selatan atau Choson-ot untuk orang  Korea Utara. “Han”  yang berarti sebutan bagi Korea, dan “bok” berarti pakaian. Jadi, orang Korea pun sebenarnya hanya menyebut pakaian mereka sebagai “pakaian korea”. Pada umumnya Orang Korea sangat bangga memakai Hanbok, karena Hanbok merupakan identitas pakaian tradisional mereka. Seandainya orang Indonesia kayak gitu ya...!

Hanbok, umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Walaupun secara harfiah berarti “pakaian orang Korea”, hanbok zaman sekarang mengacu pada “pakaian gaya Dinasti Joseon” yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional, seperti Chuseok atau Seol-nal (hari Imlek). Namun, Sebelum masa dinasti Jeoseon, hanbok lebih rumit dan tidak praktis untuk dikenakan saat acara tertentu.

Pola tradisional hanbok memiliki kombinasi garis anggun dan warna yang menampilkan keindahan dari hanbok tersebut. Bentuk pola hewan, tumbuhan, dan pola alam lainnya ditambahkan pada pinggiran rok, maupun pada bagian luar dari kerah disekitar bahu.

Pemakaian Bahan dan warna hanbok di zaman dulu pun tidak sembarangan. Kaum Bangsawan (Yangban/양반) pada umumnya memakai hanbok berbahan dasar serat rami dan berwarna-warna yang indah. Sedangkan rakyat biasa hanya memakai bahan yang murah -karena tak mampu membeli yang berbahan mahal- dan warna yang digunakan adalah warna pastel, seperti putih, kuning pucat dan biasanya berwarna sama antara atasan dengan bawahan.

Nah, ini dia bagian-bagian dari hanbok: 
1. Jeogori: ialah bagian atas dari hanbok (baju). Untuk hanbok laki-laki ukurannya lebih besar dan simple, sedangkan untuk wanita agak pendek dan ditandai garis lengkung  dan dekorasi yang lembut. 
2.Deong Jong : yaitu krah yang berwarna yang berwarna putih. 
3.Otgoreum (Cloth Strings):  adalah pita yang dipakai pada baju hambok untuk wanita, yang melintang hingga ke Rok (chima).
4.Chima : adalah rok pada bagian hanbok. Ada berbagai macam jenis chima, ada yang lapisan tunggal dan ada juga yang double.
5.Pattern:  susunan gambar atau garis  dan juga perpaduan warna.

Sebenernya masih banyak lagi istilah untuk bagian-bagian pada hanbok, misalnya baerae (pada lengan), kket dong (lengan) dan lain sebagainya. Untuk hanbok pria ada ” baji ” yaitu celana untuk hanbok. biasanya bentuknya longgar .

 Dulu baik pria maupun wanita memelihara rambut mereka menjadi panjang. Pada saat mereka menikah, mereka mengkonde rambutnya. Pria mengkonde (mengikat) rambutnya sampai atas kepala (sangtu), sedangkan wanita mengkonde sampai batas di belakang kepala atau di atas leher belakang. Ini dia beberapa gambar Hanbok..






Ini dia hanbok untuk kalangan raja dan ratu..



 Dan ini buat kalangan yang menengah ke bawah


Source: dari berbagai sumber terutama makalah seni budaya yang aku buat saat kelas dua..

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar