Minggu, 10 Februari 2013

MITOS MATA


“Bermain komputer terlalu lama” atau “menonton TV terlalu dekat” akan membahayakan mata. Itu adalah berita yang sangat familiar di lingkungan kita. Tapi apakah itu fakta yang sebenarnya? Atau hanya sekedar mitos belaka? Yuk, kita intip kebenarannya.


1.       Komputer akan merusak mata
Sebenarnya, kelelahan mata tidak selalu berhubungan dengan komputer, namun bagaimana penggunanya. Sebagian besar orang terkadang lupa untuk mengedipkan dan mengistirahatkan mata saat berada di depan komputer. Hal ini dapat menyebabkan mata kering dan cepat lelah. Jangan kuatir, mata kita tidak akan sakit karena hal itu. Tapi jangan lupa, untuk mengistirahatkan mata sejenak saat bekerja.

2.      Menonton TV terlalu dekat merusak mata
Sama halnya dengan terlalu lama menatap layar komputer. Orang juga sering lupa berkedip saat menonton TV. Usaha untuk tidak lupa berkedip untuk jangka waktu yang lama. Mengenai jarak,sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang mengatakan bahwa menonton TV terlalu dekat dapat merusak mata. Namun, jika Anda kurang jelas saat menonton TV dan perlu memperpendek jarak pandang, mungkin itu pertanda bahwa mata Anda mengalami gangguan.

3.       Kacamata dan lensa kontak menyebabkan ketergantungan
Kacamat dan lensa kontak tidak akan menyebabkan ketergantungan atau menyebabkan daya penglihatan melemah. Dua alat optik ini hanya membantu mata agar penglihatan lebih optimal. Faktor yang mempengaruhi penurunan daya penglihatan adalah penuaan, penyakit, cedera, dan faktor genetis.

4.       Membaca di tempat redup merusak mata
Sebenarnya, membaca di tempat redup tidak akan merusak mata, namun akan membuat mata cepat letih. Hal ini disebabkan karena mata menjadi ‘ngoyo’ untuk dapat menangkap bacaan karena kurangnya cahaya. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda membaca di tempat yang cukup penerangan agar mata tidak perlu bekerja keras.

5.       Memakai kacamata orang lain dapat merusak mata
Sebenarnya, memakai kacamata orang tidak akan merusak mata. Hanya saja, hal itu tidak sesuai dengan kebutuhan mata. Sedangkan, memakai kacamata yang sesuai akan membuat penglihatan mata lebih optimal.

Source:berbagai sumber and ini merupakan karya duetku dengan Nuhica untuk tugas mulok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar